Yuku1

Sebenarnya ada banyak aplikasi Alkitab yang tersedia untuk gadget berbasis Android. Tetapi dua aplikasi berikut yang saya pakai.

Pilihan pertama jatuh kepada MySword. Saya pilih aplikasi ini karena tersedia modul Alkitab bahasa Yunani dan Ibrani yang biasanya saya perlukan untuk persiapan khotbah. Selain itu ada modul Dictionary dan Commentary yang lengkap, mirip dengan Xiphos di Ubuntu atau e-Sword.

Untuk aplikasi MySword yang lengkap memang butuh memory yang cukup besar, saya sendiri menggunakan lebih dari 700 MB untuk aplikasi ini. O’ya supaya tidak membebani pulsa kita, modul-modulnya bisa diunduh dari websitenya di http://mysword.info/ kemudian kita kopikan ke Android kita.

[Update] 1 Juli 2013:Sekarang saya ambil bagian dalam pengembangan aplikasi MySword ini, khusunya dalam interface Bahasa Indonesia. Sekalian promosi lah :)

Pilihan kedua adalah OpenBibles. Alasan utama penggunaan aplikasi ini adalah mendukung modul Alkitab bahasa Jawa. Karena belakangan ini terlibat dengan banyak pelayanan berbahasa Jawa, ya jadinya saya rasa perlu untuk menggunakan aplikasi ini, plus ada juga modul Kidung Jemaat di aplikasi ini, lengkap deh. O’ya, kalau perlu Alkitab bahasa daerah lainnya juga bisa menggunakan aplikasi ini.

[Update] 1 Juli 2013: Pilihan ketiga adalah Alkitab Yuku. Saya sudah mengganti OpenBibles dengan aplikasi Alkitab ini. Terjemahan bahasa Jawanya sudah sesuai dengan terjemahan terakhir dari Lembaga Alkitab Indonesia. Selain memuat Kidung Jemaat juga sudah tersedia modul Kidung Pasamuwan Kristen Anyar, lengkap. Bagi yang beribadah di Gereja Kristen Jawa, saya rekomendasikan aplikasi ini.

Yuku1

Yuku2

Yuku3

Share
6 Responses to Aplikasi Alkitab untuk Android
  1. Pak, saya sudah coba install open bibble dengan bahasa jawa, tapi nama judul kitabnya kok masih bahasa inggris? gimana caranya pak? mohon pencerahan. GBU

    • Setahu saya untuk OpenBible, judul Alkitab yang tersedia baru Bahasa Indonesia. Caranya:
      Menu > More > Download Book Name > Indonesia; kemudian
      Menu > More > Settings > Book Name Language > Indonesia

      Kalau memang menginginkan judul kitab bahasa Jawa, saran saya, Anda turut berkontribusi. Silakan hubungi pengembang/developer aplikasi OpenBible, katakan kalau Anda ingin ikut membantu membuat terjemahan judul Alkitab di Bahasa Jawa. Kalau developernya berbaik hati, Anda akan ditolong untuk menerjemahkannya, tidak perlu dasar bahasa pemrograman. Dengan cara ini, Anda sekaligus mengembangkan aplikasi OpenBible dan memberkati orang lain.

    • Silakan install aplikasi Alkitab Yuku. Di sana modul bahasa Jawa sudah terbaru dan nama kitabnya juga sudah dalam bahasa Jawa.

  2. OpenBible yang bahasa Jawa 2006 cuma perjanjian baru saja.
    utk yg perjanjian lama blm ada. Aplikasinya apa ya, yg ada PL bahasa jawa th 2006 tsb ?

    • Setahu saya untuk PB versi 2006 memang belum ada yang buat. Kalau PL dan PB yang lengkap ya di versi 1994.

    • Silakan install aplikasi Alkitab Yuku. Di sana modul bahasa Jawa sudah terbaru dan nama kitabnya juga sudah dalam bahasa Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 − = three